Tips SEO untuk Website atau Blog Baru

Berikut beberapa tips SEO bagi website ataupun blog baru yang patut diketahui untuk menumbuhkan trafik ke website atau blog dari search engine:

Turunkan ekspektasi, bangun kepercayaan

Sama halnya seperti bayi, website atau blog yang baru belum tentu dikenal luas. Belum tentu dipercaya oleh search engine karena masih sedikit halaman dan konten-konten yang ada, juga trafik yang kecil. Untuk sebuah website atau blog baru, butuh waktu mendapatkan rangking pada mesin pencari baik itu google ataupun lainnya.Ekspektasi untuk langsung mendapatkan hati search engine (mesin pencari) dalam waktu yang singkat butuh kesabaran.

Sebuah website baru juga harus berfokus pada rencana jangka panjang, dengan rencana jangka panjang agar mendapatkan kepercayaan dari search engine , konsisten membangun konten yang menarik, juga membuat sebuah  jalan termudah bagi calon pengunjung baik website atau blog menemukan Anda.

Selain dari mesin pencari akan lebih baik jika bisa mendapatkan dan membangun kepercayaan dari website atau blog besar dengan menautkan diri kepada Anda begitupula sebaliknya.

Menjadi Ahli

Banyak orang telah melakukan ini dan sebagian besar pengunjung menyukainya karena akan lebih menarik oleh pengunjung blog juga tidak membosankan, selain itu search engine juga menyukai konten dengan foto dan video yang lebih beragam.

Berfokuslah pada rencana jangka panjang untuk menjadi yang terkuat dengan SEO. Dan yang harus dilakukan adalah menjadi ahli dari bidang yang ditekuni melalui website atau blog. Orang-orang yang bergerak dalam satu bidang yang sama pada suatu komunitas tertentu mungkin akan berfikir untuk menautkan website  atau blog dengan sumber yang telah ahli dan terpercaya, dari tautan itu semestinya dari website atau blog yang kamu tulis.

Dari menjadi ahli maka berbagai kata kunci pencarian seharusnya adalah  tujuan utama yang harus dicapai. Dengan menjadi yang utama dalam memenangkan kata kunci pada search engine, seorang pemilik website atau blog yang telah ahli harusnya bisa membedakan mana kata kunci yang bisa menghasilkan konversi yang tinggi ataupun yang tidak sama sekali.

Manfaatkan inbound links dan tautan dari luar

Demi SEO usahakan untuk semakin banyak website maupun blog dari pihak luar menautkan diri kepadamu. Tetapi jika kurang berhasil dalam hal tersebut, kamu seharusnya dapat mengatasi kekurangan tersebut dengan membangun tautan ke website atau blogmu (inbound link). Lakukan dengan lebih banyak menciptakan tautan antara artikel ataupun halaman dari website/blogmu. Dengan begitu, search engine akan lebih mudah untuk merangkingnya.

Buat tautan antara halaman dengan cara sealami mungkin. Lakukan seperti halnya pada portal Wikipedia yang secara tertata membangun link antar halaman yang tampil alami. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan keterkaitan atas apa yang pernah ditulis olehmu sebelumnya. Akan lebih baik jika kamu menyediakan sebuah halaman khusus daftar isi dimana seluruh konten yang pernah kamu tulis menjadi lebih mudah ditemukan oleh pengunjung dan terindeks oleh search engine.

Konten lebih berwarna

Konten adalah isi dan merupakan bagian utama dari yang ditawarkan sebuah website atau blog. Dalam menciptakan konten, yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat konten sesering mungkin dengan tidak melupakan kualitas isi yang dihasilkan daripada kecepatan kreasi konten tersebut dan tidak hanya bergantung pada SEO. Selain itu, harus punya strategi untuk promosi konten yang efektif dan strategi untuk membangun tautan (link) dari konten yang produksi.

Akan tetapi, dalam menciptakan sebuah konten tidak hanya mengutamakan teks semata. Dari website atau blog bisa dikaitkan dengan foto-foto, video, dokumen, maupun suara atau musik yang ditawarkan. Dengan cara ini diharapkan bisa maksimal dalam memperkenalkan website ataupun blog Anda.

Gunakan Social Media

Saat ini Google sebagai social media populer telah merayap pada percakapan di social media baik di tweet maupun facebook serta media sosial lainnya. Meskipun tidak menurunkan rangking di search engine, sebuah website atau blog bisa memanfaatkan media sosial sebagai alternatif dan faktor penentu kualitas sebuah website.

Tips SEO Website Blog Baru

Sebuah gambaran sederhana dari pentingnya memanfaatkan adalah memiliki banyak  teman, setidaknya akan ada lebih banyak orang yang membuka website atau blog-mu. Dan itu bisa dimanfaatkan untuk pengguna facebook ataupun twitter dan social media lainnya dengan menyebarkan tautan dari dan ke website atau blog. Dan juga pada facebook Anda dapat membuat facebook fanpage untuk penggemar, pelanggan, atau pengunjung blog Anda yang secara langsung bisa saling berbagi informasi yang dibutuhkan, juga sama halnya dengan membuat akun twitter khusus untuk website atau blog.

pc plus

2 responses to “Tips SEO untuk Website atau Blog Baru

  1. makasih infonya …

Leave a comment