Panduan Instal Android x-86 di VirtualBox

Banyak anggapan menyatakan bahwa Internet sangat membantu terutama dalam hal saling tukar-menukar informasi. Oke, saya setuju internet adalah media yang membantu namun dibalik itu, inti dari semua ini adalah “berbagi”. Jika budaya saling berbagi dibiasakan, kita tidak perlu khawatir menjadi miskin, karena saya yakin jika kita saling berbagi kita akan menjadi lebih kaya dan lengkap. Karena sebagai manusia kita percaya ada kelebihan dan juga kekurangan. Prinsip hidup saya hanya satu yaitu jika belum bisa membahagiaan orang lain maka jangan menyusahkannya, jika belum bisa berguna bagi orang lain jangan membuat mudharat.

Hehehe… Sorry terlalu banyak ceramah sampai lupa dengan topik. Langsung saja, untuk anda yang belum mengenal android x-86. Android x-86 adalah sebuah porting dari Sistem Operasi Android ke Arsitektur x86, dapat juga dijalankan pada virtual machine seperti VirtualBox ataupun VMWare. Untuk netbook berprosesor intel atom telah ada patch penerjemah library ARM agar aplikasi yang dioptimasikan untuk prosesor ARM dapat berjalan di prosesor keluarga x86. Sekedar informasi, Chih-Wei Huang dan Yi Sun adalah developer dan yang memelihara project Android-x86 ini.

Langkah Instal Android x-86 Menggunakan VirtualBox

Pertama- tama kita download dulu iso pada situs resmi Android-x86  www.android-x86.org atau dari http://code.google.com/p/android-x86/downloads/list

Kemudian siapkan juga software virtualbox, silahkan unduh di https://www.virtualbox.org/

  1. Jalankan virtualbox pilih New.

Instal android x86 di Virtual Box

  • Name : android
  • Type : Linux
  • Version : 2.6 (Karena system android menggunakan kernel linux 2.6)
  1. Selanjutnya pada tab “Create Virtual Machine” kita menentukan besar RAM yang akan kita gunakan pada sistem android. Jika anda mempunyai RAM 1GB, saya sarankan untuk men-setting RAM-nya sebesar 254 MB saja.  Untuk RAM 2GB maka anda bisa men-Setting sebesar 512 MB. Klik Next.

Instal android x86 di Virtual Box

  1. Selanjutnya anda pilih opsi > Create a virtual hard drive now, pilih > Create kemudian masuk pada “Hard drive file type,” pilih opsi > VDI (VirtualBox Disk Image) > Next pilih opsi Dynamically allocated > Next.

Instal android x86 di Virtual Box

  1. Klik tab Setting pada menu di virtualbox pilih > Storage dan cari Icon DVD/CD kemudian pilih “choose a virtual optical disk file,” pilih > Ok > Ok.

Instal android x86 di Virtual Box

  1. Selanjutnya pada menu Virtualbox pilih Tab > Start, pilih > InstallationInstall Android – x86 to harddisk, kemudian pilih > Create / Modify Partition.

Instal android x86 di Virtual BoxInstal android x86 di Virtual BoxInstal android x86 di Virtual BoxKlik disini untuk Lanjut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s