Cara Backup dan Restore Template Blog Blogger

Sahabat leafculture! Kali ini tutorial yang akan dibahas adalah “Back Up” template. Mengapa kita harus melakukan “Back Up” template terlebih dahulu sebelum melakukan “Edit HTML”?

“Back Up” Template diperlukan untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan terhadap blog kita sebelumnya ataupun tidaklah sesuai dengan harapan blogger. Misalnya, terjadi error pada blog, salah penempatan kode HTML, dan lain sebagainya. Jadi, disarankan terlebih dahulu melakukan “Back Up” agar template blog bisa kembali seperti semula sebelum pengeditan HTML dimulai.

Jika kita telah melakukan “Back Up” template sebelumnya, maka bagaimanakah cara untuk mengembalikan Template seperti sedia kala? Mudah, tinggal “Restore” template saja. Daripada terlalu berpanjang lebar dengan teori, lebih baik langsung dipraktikkan saja bagaimana? Ya, ikutilah langkah-langkah berikut:

Dari menu “Dasboard”, klik “Template” .

Lihat pojok kanan atas. Pilih atau Klik “Back Up/Restore” .

Setelah itu maka akan mucul interface “Back Up/Restore”. Pilih kotak “Download full template” untuk melakukan “Back Up” sebelum editing terhadap template blog dan akan tersimpan di hard drive Sahabat ataupun dilokasi yang sahabat hendaki.

Apabila Sahabat ingin “Upload” template ataupun “Restore” template ke keadaan seperti sebelum pengeditan maupun setelah dilakukan “Back Up” terlebih dahulu. Maka pilih “Browse” untuk mengupload sebuah template dari file yang ada atau sudah tersimpan dalam hard drive lalu klik button “Upload” untuk mengakhirinya.

Keterangan: Sahabat bisa “Upload” file template yang sudah di download dari situs penyedia Template gratis maupun pihak ketiga lainnya seperti BTemplates, yang telah di Download sebelumnya. Biasnya file yang yang didapat dari situs penyedia template berbasis “rar.” Ekstrak file “rar.” dan “Upload” untuk dijadikan template blog Sahabat.

Nah, cara “Back Up” maupun “Restore” Template telah Sahabat ketahui, jadi setiap kali melakukan pengeditan HTML disarankan untuk terlebih dahulu melakukan “Back Up” template.

Sampai disini tutorial kali ini, jika masih terdapat pertanyaan dalam benak Sahabat leafculture, tumpahkan lah semua di bilik komentar dan juga bisa lewat e-mail.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s