Tips Aman Mencabut Langsung Flashdisk

Buat para Sahabat Leaf Culture, kebanyakan dari Kita pasti pernah dan bahkan sampai sekarang masih menggunakan OS Windows milik Perusahaan Microsoft Inc. kan? Ya, windows memang adalah OS yang sungguh popular di Dunia saat ini.

Pernakah Sahabat mencabut flashdisk ataupun hardisk eksternal tanpa melalu “safely remove hardware” terlebih dahulu? Mungkin ada yang berani melakukan hal itu dan ada sebagian yang masih takut untuk mencoba hal tersebut biarpun tak disengaja sekalipun.

Ini mungkin karena kebanyakan pengguna Windows sudah ditekankan atau terbiasa sebelum mencabut flasdisk dari Komputer dengan melalui prosedur “Safely Remove Hardware” terlebih dahulu, dan konon jika langka ini tidak dilakukan akan membuat data jadi “corrupt” dan perangkat rusak. Wah bisa tambah masalah ni!

Pada mulanya pengguna Windows dianjurkan sebelum mencopot flasdisk dari portal USB computer untuk melakukan rutinitas prosedur dari icon notifikasi “Safely Remove Hardware” terlebih dahulu hanya untuk memastikan Windows tidak terlalu sibuk membaca ataupun menulis di flashdisk ketika Sahabat langsung mencabutnya. Jadi akan membuat data “corrupt”.

Sebenarnya menurut hasil tes dari 7tutorial yang dilansir oleh PC World, Kita bisa mencabut flashdisk secara aman tanpa melalui prosedur terlebih dahulu karena tidak merusak flash drive.

Sekarang, Sahabat tidak perlu repot lagi karena  sekarang Anda bisa dengan mudah mencabutnya tanpa harus ada lagi rasa khawatir karena tutorial kali ini mengenai cara setting flashdisk menjadi “Quick Romoval” . Bahkan mungkin secara tak sadar Opsi “Quick Removal” ini sudah aktif di computer Sahabat.

Keterangan: Langkah-langkah berikut ini mungkin hanya berbasis pada “Windows 7”. Untuk Windows lainnya, mungkin saja berbeda.

Berikut ini langkah-langkah mudah untuk sekedar mengetahui atau mengaktifkan setting “Quick Removal”.

Pertama, collokkan flashdisk Sahabat ke Komputer, setelah itu masuk ke Control panel.

Cari menu “Hardware and Sound” dan klik untuk masuk atau lewat menu “Start” cari “Device and Printer Manager”, biasanya di bawah “Control Panel”.

Setelah itu cari lagi USB yang Sahabat gunakan di kolom group “Device” biasanya bernama “USB 2.0 Flash Disk USB Device.” Jika sudah klik kanan, pilih menu “Properties”.

Pilih Tab “Hardware” dan cari “Properties” di sebelah pojok kanan bawah.

Muncul kotak dialog lewat jendela “Generic-Multi-Card USB Device Properties”. Pilih tab “Policies”, dan seharusnya Sahabat dapat melihat kotak dialog windows seperti berikut.

Jika opsi pertama “Quick Removal” sudah terpilih, maka Sahabat tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Seperti yang tertera dalam deskripsinya, “you can disconnect the device safely without using the Safely Remove Hardware notification icon.”

Yang jika diterjemahkan: Anda dapat memutuskan koneksi perangkat dengan aman tanpa menggunakan ikon notifikasi “Safely Remove Hardware.”

Namun, jika yang terpilih adalah kolom opsi “Better performance”, maka klik “Quick Removal” dan lanjutkan dengan mengklik “Ok”.

Sekarang Sahabat dapat dengan aman mencopot perangkat USB tanpa ada rasa cemas akan data yang “corrupt”.

Sekian tutorial dari leaf culture! Semoga saja Sahabat tidak bosan untuk datang berkunjung ke blog ini lagi. Adapun saran, komentar, maupun instruksi dan lain sebagainya dapat disampaikan lewat kolom Komentar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s