Cara Membuat Menu Drop Down di Blog WordPress

How to Make Drop Down Menu’s

Saat mengunjungi sebuah blog, Sahabat Leaf Culture pasti pernah mengutak-atik atau menyelami isi blog atau website tersebut.

Dengan adanya bantuan menu yang tersedia pada website ataupun blog akan lebih memudahkan pengunjung. Apalagi jika menu tersebut ada kategori-kategori di bawah menu utama yang dapat lebih memudahkan dalam pencarian atau mencari isi konten yang diinginkan.

Ya, menu yang sangat membantu itu biasa disebut “Drop-Down Menu’s atau Menu Drop Down”. Menu Drop Down biasanya berisi kategori atau label konten isi website atau blog tersebut dengan induk menu, sehingga memudahkan ataupun memperindah tampilan blog.

Untuk kali ini tutorial yang akan dipelajari adalah bagaimana cara membuat menu dropdown  untuk weblog atau blog bawaan wordpress.

Penting: tidak semua theme gratis WordPress memiliki bawaan fitur Drop-Down Menu. Jadi pastikan sebelum memilih themes blog WordPress Sahabat, sebelumnya lihat dulu detail dari theme tersebut. Adapun theme wordpress yang memiliki keunggulan-keunggulan masing-masing. Ada juga theme yang memiliki fitur Multiply Drop-Down Menu’s, yaitu Menu Drop Down lebih dari satu.

Pertama, dari “Dasboard” arahkan kursor menuju ke “Appearance” lalu ke ke kolom “Menus” dan klik.

Isi “Menu Name” Drop-Down sesuai keinginan lalu klik “Save Menu”.

Setelah “Menu Name” tersimpan maka carilah “Theme Location” yang biasanya berada di pojok kiri menu. Pilih “Primary Navigation” dan cari nama menu yang tadi sudah di isi untuk menampilkan menu Sahabat. Klik “Save” setelah menu selesai memilih.

Keterangan: Primary Navigation adalah menu utama yang ingin dimunculkan pada kolom menu blog. Jadi Primary navigation-nya tergantung dari seberapa banyak kolom Menu Names yang diisi. Jika theme WordPress anda Multiply Menu Drop-Down maka otomatis memiliki banyak Primary Navigation.

1. Custom Links

adalah tempat Sahabat leaf culture untuk menambahkan link alternative di menu blog Sahabat. Isikan “URL” tujuan, masukan nama “Label” url tujuan lalu klik “add to menu”

2. Pages

adalah tempat Sahabat leaf culture menambahkan pages ke kolom menu blog. Terdapat tiga pilihan, “Most Recent” untuk yang terakhir digunakan, “View All” untuk memperlihatkan semua page, dan “Search” untuk mencari page yang diinginkan. Centang pages yang ingin dimasukkan sebagai menu lalu klik “add to menu” untuk menambahkan.

3. Categories

adalah kolom untuk Sahabat leaf culture menambahkan Kategori-kategori yang ingin ditampilkan. “Most Recent” adalah kategori yang pernah digunakan, “View All” untuk menampilkan semua kategori yang pernah dibuat atau dipakai, dan “Search” untuk mencari kategori tersebut. Centang kategori yang dipilih lalu klik “Add to menu”.

Atur menu-menu yang dipilih dengan mengarahkan cursor ke menu tersebut. Klik menu tersebut, misalnya “Blog” lalu tahan dan geser ataupun sejajarkan dengan menu “Home”. Jika menu “Blog” dijadikan sebagai induk menu atau parental kategori, maka geser kategori-kategori lain dibawah naungan “Blog” atau jangan disejajarkan. Misalnya disini “Blogspot, WordPress, dan Uncatagorized”.

Keterangan: Sahabat bisa membuat parental menu sampai keakarnya, atau sedatail mungkin terserah Anda. Karena tidak dibatasi, namun dianjurkan untuk secukupnya saja agar memudahkan dan memperindah pengunjung dan blog itu sendiri.

Jika menu ingin di hapus maka tidak perlu khawatir, klik saja menu yang dimaksud lalu akan muncul pilihan-pilihan, diantaranya “Remove” atau “Cancel”. “Remove” untuk menghapus menu, “Cancel” jika mengurungkan niat.

Langkah terakhir, klik “Save Menu” untuk mengakhiri Cara membuat menu Drop-Down pada blog.

Lihatlah menu yang sudah jadi dengan menuju atau kunjungi ke blog milik Sahabat. Mudahkan?Ya, Sekian tutorial untuk kali ini. Senang bisa berbagi pengetahuan dan menyajikan informasi untuk Sahabat setia leaf culture!

Keterangan: WordPress theme gratis yang memiliki fitur Drop-Down menu diantaranya; Ambiru, Andrea, Blix, Bueno, Contempt, Cutline, Digg 3 Column, Entreprise, Freshy, Greyzed, Koi, Mistylook, Notepad, Paperpunch, Structure, Twenty Ten, Under The Influence, Vigilance, Vostok.

Advertisements

4 responses to “Cara Membuat Menu Drop Down di Blog WordPress

  1. thanks gan infonya sangat membantu….
    jgn lupa mampir kesini iyya http://quantamultimedia.com/

  2. Nah ini dia yang saya cari-cari untuk membuat dropdown. Nice.

  3. Wah, makasih infonya . sangat bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s