Cara Screen Capture Menggunakan Microsoft Paint

Posted on May 25, 2012

0


Sebelum kita masuk ke tutorialnya ada baiknya jika Sahabat leafculure! mengetahui apa sih Screen Capture itu?

1. Apa itu Screen Capture?

Sekilas Sahabat pasti kesusahaan jika ingin merepresentasikan sesuatu tanpa gambar yang mempermudahnya kan? Lalu gambar itu tidak bisa langsung di copy ataupun telah dikunci? Misalnya jika file pdf ingin dibuat menjadi powerpoint presentation namun gambarnya dikunci atau dokumen itu dikunci dan tidak  dapat di copy terus bagaimana caranya mau buat presentasi ini?

Kasus berikutnya pada blogger, yang misalnya ingin membuat tutorial blog, namun gambar yang akan dipakai adalah gambar langkah-langkah dia membuat blog. Terus begaimana ni caranya agar Sahabat dapat menangkap gambar pada jendela browser?

Apakah Sahabat harus menggunakan salah satu jenis Software yang dapat menangkap/capture gambar windows maupun dalam file dokumen tertentu?Atau di foto saja dengan cara manual?

Tenang buat sahabat leafculture! jangan was-was dulu, Screen Capture adalah jawabannya. Screen Capture merupakan  fitur yang sudah disediakan (bawaan) oleh Microsoft Windows, Mac OS X,  iOS, Android, HP WebOS, dan lainnya.

Screen Capture adalah gambar yang di capture/tangkap oleh komputer  dari tayangan yang tertampil di visual monitor . Biasanya gambar yang di ambil adalah dari dokumen, browser yang dipakai, perangkat lunak yang dijalankan komputer saat itu, maupun dalam video yang sedang diputar.

Layar yang dicapture biasanya digunakan untuk menunjukkan sebuah program, sebuah masalah tertentu pengguna mungkin memiliki, atau umumnya ketika output tampilan perlu ditunjukkan kepada orang lain atau diarsipkan.

2. Capture dengan Paint

Secara manual pada Microsoft windows, menggunakan Screen Capture dengan Ms. Paint:

Cari layar/ jendela yang akan dicapture, misalnya pada blog Sahabat Download ini. Tekan tombol Print Screen SysRq (Print Screen System Request/ Prt Scr, Print Scrn, Prt Scn, or Prnt Scrn) untuk menangkap layar tujuan. Sementara jika Alt+ Print Screen SysRq yang ditekan secara bersama-sama, maka yang dicapture hanya jendela yang aktif atau yang aktif di dalam dialog  box.

Keterangan: di kebanyakan versi windows, capture screenshots atau layar yang dicapture, didalamnya tidak termasuk pointer mouse.

Setelah layar di capture, maka yang dibutuhkan sekarang adalah menempatkan gambar yang dimaksud.Sahabat bisa menggunakan Paint atau GIMP, namun untuk kali ini yang dibahas adalah Paint.

Buka Ms. Paint ( Start > Programs > Accessories > Paint ) lalu  cari button “Paste
” atau tekan CTRL+V.

Muncul gambar yang di capture, pilih atau seleksi yang dimaksud dengan menu “Selection Shape” lalu tekan “Crop”, “Resize” untuk menentukan ukuran yang diinginkan.

“Save” ataupun “Copy” file gambar yang dimaksud dan selesai.

3. Snipping Tool?

Selain Paint, kehadiran “Snipping Tool” sejak era Windows XP TabletPC Edition 2005 juga sangat membantu. Program yang satu ini adalah Screen-capture tools yang sangat membantu dan menjadi alternative jika tombol “Print Screen SysRq” tidak terdapat di keyboard Sahabat.

Snipping tool dapat menangkap (capture) screenshots (snips/gunting) pada jendela windows aktif, secara rectangular (segi empat/persegi panjang) pada gambar, free-form area (area bebas tergantung dari Sahabat yang menggerakkan cursor), dan atau full screen yaitu seluruh area yang ada dalam layar monitor.

Sampai disini dulu Cara singkat Screen Capture dengan Paint, jika masih ada keluh kesah maka tuangkanlah di bilik komentar. Jangan malu-malu untuk ingin tahu dan selamat mencoba.

About these ads
Posted in: Komputer, Software